KOMUNITAS ONLINE DAN KEAMANAN


Sebuah fakta mengejutkan dilontarkan AVG, perusahaan anti virus global yang berdiri sejak tahun 1991. Berdasarkan survei yang dilakukan AVG bersama CMO Council terkuak adanya fakta pencurian data dan infeksi dari Personal Computer (PC) yang semakin gencar. Hal itu terkait dengan semakin seringnya orang yang bergabung dengan komunitas online melalui koneksi di rumah dan tempat kerja.
Polling yang bertajuk Bringing Social Security to the Online Community (Memberikan Keamanan Sosial dalam Komunitas Online) yang diumumkan pada hari ini, Rabu (2/9) menggarisbawahi mengenai kerentanan anggota komunitas terhadap keamanan cyber, berikut solusi penanggulangannya.
Survei tersebut dilakukan secara online selama kuartal kedua 2009. Survei tersebut menghasilkan respon yang dikumpulkan secara acak dari 250 pengguna online. Jajak pendapat tersebut juga berhasil membeberkan beberapa kebiasaan yang sering lalai dilakukan, padahal sebenarnya itu merupakan kunci agar pengguna komunitas online terhindar dari pencurian data maupun infeksi PC.
Penggantian password, penambahan privacy settings dan memberi informasi pada administrator situs sosial adalah tiga hal keamanan dasar yang sering lalai diperhatikan.
"Fakta saat ini adalah, pengguna memahami risiko yang dapat dialami, namun acapkali gagal untuk melakukan langkah pencegahan dasar untuk melindungi, hal ini menunjukkan sebuah tantangan yang menarik bagi perusahaan seperi AVG yang bekerja untuk menciptakan komunitas cyber yang lebih aman," ungkap Siobhan MacDermott (Head of Public Policy, Corporate Communications and Investor Relations, AVG Technologies).
Namun jangan kuatir, pasalnya kini ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menghindari ancaman terhadap situs jejaring sosial. MacDermott menawarkan enam langkah yang mudah dan aman, yaitu:
1. Jangan menerima pop-ups atau prompts dari software kecuali anda dilengkapi dengan web scanner seperti AVG's free LinkScanner yang memeriksa setiap situs dari infeksi tertentu sebelum diakses.
2. Jangan pernah menyediakan, mengirim atau men-submit data pribadi yang sifatnya rahasia (contoh: data bank atau catatan medis). Situs pertemanan/situs sosial tidak pernah meminta informasi sejenis ini untuk bergabung kecuali anda mengikuti layanan kencan online atau membayar perbulan.
3. Ubah password Anda paling tidak sekali sebulan. Jangan diganti apabila Anda diundang ke dalamnya. Bisa jadi ini adalah ancaman dari pihak ketiga.
4. Jangan mengijinkan teman, rekan kerja, dan lain-lain mengakses situs sosial dari komputer anda, atau sebaliknya. Hal ini bisa menimbulkan infeksi pada komputer Anda melalui praktik yang tidak aman atau login anda bisa saja tersimpan pada cookies di computer anda.
5. Jangan pernah menyimpan secara otomatis password dan bersihkan history setiap minggu sekali.
6. Jangan menerima friend requests atau request friends yang tidak benar-benar Anda kenal.
Untuk mengetahui lebih mendetail, silahkan sahabat mengunjungi link ini

Tulisan Terkait

Comments :

14 Komentar to “KOMUNITAS ONLINE DAN KEAMANAN”

Info keren neh.Thanks sharingnya, sobat.

ivan kavalera mengatakan...
on 

bisa juga yak gt, mst lbh hati2 nie

Ocim mengatakan...
on 

nice info kawan, brarti sy hrs lbh brhati2 yaaa :)

hill mengatakan...
on 

namun perlu di ketahui memang beberapa anti virus yang tidak kompatibel dengan kompi kita justru berbalik menjadi virus .Kenali dulu virus apa yang menyerang anda atau minimal hal apa yang kita lakukan saat browsing dengan begitu kita akan tau anti virus yang pas biat kita,selain melankukan langkah2 yang di anjurkan saudara Jaiman.dan satu lagi tidak ada anti virus yang 100% mampu menjadi perisai buat kompi kita.karena secara logika antara anti virus dengan virusnya lebih tua virusnya yang bersemayam.

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...
on 

saya dulu juga pernah pakai avg antivirus, mas jai. sayangnya mungkin karena saya yang ndak friendly, avg terlalu ganas. file yang terinfeksi sedikit saja diembat juga. doh!

sawali tuhusetya mengatakan...
on 

wew.... good article sob... thanks ya udah berbagi... ditunggu update terbaru nya

jaya mengatakan...
on 

Thx infonya.. mampir ke blogku ya.. :D

andro_simar mengatakan...
on 

keren informasinya
saya baca lebih detail lagi setelah blogwalking

Ocim mengatakan...
on 

nice info gan!
keep posting ya!!!

Dheny Gnasher mengatakan...
on 

tembak aja sob orang yang mencurinya tuh banyak senjata di Sm:))

asep canda mengatakan...
on 

iya tu, setuju brooo,....

Bang Rahmat mengatakan...
on 

wah.. keren postingannya sob..
komunitas dan keamanan..
nice post..

Imoel mengatakan...
on 

wah ne sip buat jaringan para bisnis online bro he he

Mapuc mengatakan...
on 

Pengetahuan yang bermanfaat slalu ada pada blog U sobat.

makasih yawwwww!!!!

blog buat bloggers mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel yang apa adanya ini... Nanti pasti saya comment balik koq.....