YOUTUBE SELEBRITI


Nah salah satu pria yang diangkat kisah suksesnya di New York Times adalah Michael Buckley. Awalnya, Buckley mencoba-coba membuat sedikit news yang berbau hiburan yang disebut “what the buck” (mungkin karena nama lengkap belakangnya buckley) Nah news hiburan itu ditayangkan selama 3 kali di malam hari selama seminggu dan yang dapat diakses oleh publik, kemudian sepupunya menayangkan klip-klip video tersebut di YouTube, yang akhirnya menyedot perhatian publik. Apa saja yang dia butuhkan untuk membuat klip video itu? Brian Stelter di NYT mengatakan, “kamera Canon seharga USD2000, kain seharga USD6 untuk backdrop dan beberapa pasang lampu variasi yang dia beli di homedepot.com”. “Saya menghabiskan waktu 40 jam seminggu di YouTube selama kurang lebih setahun sebelum akhirnya saya memperoleh uang dari YouTube,” demikian Buckley mengaku ke NYT.

Kisah sukses dari Buckley dengan membuat video clip untuk YouTube di sela-sela keisengan — selama tiga tahun bagi jutaan para peselancar — akhirnya sekarang menjadi mata pencarian baginya.

Michael Buckley berhenti dari pekerjaannya di bulan September. Ia bilang bahwa pertunjukan klip videonya walaupun bernada “silly,” namun sanggup membantu dia melunaskan hutang kartu kreditnya. Skip to next paragraph

Satu tahun setelah YouTube mengundang para anggotanya menjadi mitranya dan menambahkan iklan di samping klip-klip video mereka, maka akhirnya tidak sedikit dari mereka yang memperoleh pendapatan hingga enam digit secara online. Beberapa seperti Michael Buckley (buckhollywood.com) yang akhirnya membuat video-video lucu sebagai pekerjaan sepenuh waktu.

Mengapa Buckley berhenti kerja? Ini karena pendapatan onlinenya telah jauh melebihi gajinya sebagai seorang asisten administrasi di perusahaan promosi musik, Live Nation Inc. Sebelumnya Buckley, yang berusia 33 tahun, adalah seorang host penggal waktu dari pertunjukkan mingguan di saluran publik Connecticut mulai di musim panas tahun 2006 yang hasil pertunjukkannya selalu ditayangkan oleh sepupunya di YouTube. Klip-klip videonya adalah seputar kalangan selebriti. Dan ini menarik banyak pemirsa, karena itu segera si Buckley mulai menyesuaikan segmentasi videonya yang disebut “What the Buck?” bagi para pemirsa di internet. Anda tahu hasilnya? “Klip video itu telah dilihat hingga 100 juta kali. Benar-benar gila,” katanya.

Buckley adalah salah satu dari member mula-mula dari program kemitraan YouTube, yang sekarang sudah memiliki ribuan mitra, mulai dari para pembuat video clip dari tempat kos-kosan hingga perusahaan media. YouTube menempatkan iklannya di antara klip video dan berbagi keuntungan iklan dengan pembuatnya. “Kami ingin membuat hobi ini menjadi duit”, kata Hunter Walk, direktur manajemen produk, yang menjuluki Buckley sebagai perusahaan “media yang tidak disengaja”.

Cory Williams, 27 tahun, juga adalah contoh lain dari kisah sukses seorang produser ala YouTube di Kalifornia. Williams, yang dikenal sebagai smpfilms (youtube.com/smpfilms, telah lama membuat video online sejak tahun 2005, dan di bulan September 2007 adalah saat Williams bisa bangga kalau akhirnya upaya sampingan itu bisa menjadi penghasilan utama buat penghidupannya. Williams dikenal lewat parody video musik yang dinamai “The Mean Kitty Song.” Telah dilihat oleh lebih dari 15 juta kali. Dan belum lama ini, video klip tersebut muncul di iklan Coca-Cola. Berapa yang diperoleh oleh Williams? Lewat 180,000 subscribers untuk videonya, ia memperoleh pendapatan penghasilan USD17,000 hingga USD20,000 sebulan lewat YouTube. Setengah darinya berasal dari iklan di YouTube dan setengah lagi berasal dari sponsorships dan penempatan produk di dalam video clipnya, strateginya mirip dengan yang juga dilakukan di media-media iklan tradisional. “Tadinya saya tidak berpikir untuk cari uang,” katanya, “tetapi akhirnya ini sungguh mengejutkan.”
YouTube menolak untuk memberitahu berapa banyak uang yang diperoleh oleh mitranya, namun jurubicara YouTube, Aaron Zamost, mengatakan “ratusan mitra kerja YouTube berpenghasilan ribuan dolar per bulan.” Setidaknya tidak sedikit yang akhirnya mendapati ini sebagai pekerjaan sepenuh waktu. Bagaimana dengan penghasilan Buckley? Dari iklan YouTube, ia mendapatkan sekitar USD100.000.

Tulisan Terkait

Comments :

1

Mantab sob infonya,jadi banyak mengenal dunia luar nich terutama klenik youtube.

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel yang apa adanya ini... Nanti pasti saya comment balik koq.....